5 Jenis Bisnis Desain Terlaris bagi para Desainer Grafis

Gudang Tutorial - Di era Internet yang terbuka lebar ini,  banyak fasilitas dan peluang bagi para Desainer Grafis untuk meraup pundi-pundi Dollar. Internet bagi desainer grafis adalah sarana yang sangat membantu untuk menyampaikan, memperlihatkan desain dan menjualnya  kepada orang-orang diseluruh dunia secara online. Oleh karena kita harus memanfaatkannya dengan baik



Peluang ini juga bisa jadi alternatif dari  berkurangnya apresiasi masyarakat disekitar kita terhadap karya desain.Sebuah desain kadang dihargai hanya dengan ucapan terima kasih.  Sangat kontras berbeda dengan apresiasi orang-orang diluar negeri yang sangat menghargai karya desain. Mereka rela berlangganan dan membeli dengan harga mahal sebuah desain yang berkualitas. Namun tak semua desainer di negeri kita tahu akan adanya peluang ini. Tahukah kalian para desainer grafis, bahwa diluar sana menunggu orang-orang yang siap menghargai desain kita?

Kalau ternyata anda belum mengetahui itu, maka sungguh beruntung anda telah membaca artikel ini. Karena kali ini kita akan membahas tentang 5 Jenis Bisnis Desain Terlaris bagi para Desainer 
Nah, ringkas cerita kita langsung saja membahas 5 Jenis Bisnis Desain Terlaris bagi para Desainer melalui situs-situs perantara yang telah disediakan secara online.

1. Bisnis Microstock
Bisnis ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru akan tetapi masih banyak dari kalangan Desainer yang belum tahu Apa itu Bisnis Microstock? Padahal peluang bisni ini sangat terbuka bagi para desainer Grafis dan juga Fotografer. Dan syarat untuk menjadi Microstocker sangatlah mudah. Tidak butuh modal uang yang kita butuhkan justru Modal Karya/Desain dan akun Pembayaran seperti Paypal. Karya-karya desain Grafis baik berupa Foto,vector ataupun video semuanya bisa dijual dan dibeli dengan pembayaran langsung berupa Dollar ke akun Paypal kita. Cara daftar dan verifikasi Akun Paypal pun sangatlah mudah.

Berbagai situs Microstock
Seperti Shutterstock, Adobestock, Istockphoto, Dreamstime, 123rf, Envato dan masih banyak lagi dapat dengan mudah kita daftar hanya dengan modal KTP/SIM (kecuali Shutterstock harus ada Passport).


2. Bisnis Jasa Desain
Bisnis Jasa Desain seperti ini sebenarnya tidak jauh beda dengan cara yang kita lakukan dengan klien kita secara offline. Keunggulannya, jual jasa secara online ini kita dibayar Dollar. Selain itu waktunya bisa kapan saja dan dimana saja asalkan kita punya akses internet baik melalui PC, Laptop ataupun  Smarthpone kita. Selain itu sistem yang digunakan juga sistem direct selling.

Beberapa situs yang bisa kita coba untuk jual jasa desain diantaranya Fiverr, Upwork, Fivesquid dsb. Untuk cara daftarnyapun hampir sama dengan cara daftar Microstock, semuanya bermodal KTP/SIM dan tentunya Karya. Jasa desain apa saja bisa kita jual, mulai dari jasa desain logo sampai edit foto juga akan laku disini.


3. Bisnis Crowdsourcing
Bisnis Crowdsourcing  atau lebih dikenal dengan Kontes logo seperti ini sangat banyak dan bisa kita ikuti di internet. Beberapa situs yang menfasilitasi untuk Kontes logo antara lain 99designs, Sribu, Designcrowd dsb. Cara untuk ikut Kontes logo sangat mudah. Kita hanya perlu mendaftar sebagai desainer. Lalu mencari kontest yang sedang berlangsung, Perhatikan brief tiap kontes, buat logo semaksimal mungkin dan upload logo anda. Selanjutnya tinggal ikuti perkembangan kontes yang anda ikuti. Jika logo anda yang terpilih maka Dollar akan langsung dicairkan ke rekening Paypal anda.


4. Bisnis Jualan Font
Nah, ini adalah salah satu bisnis desain yang sedang trend juga. Berbagai jenis font baru tiap harinya terlahir dari tangan-tangan kreatif desainer font. Font-font ini kemudian dijual di website-website yang menyediakan jasa penjualan Font. Salah satu website yang trend dalam penjualan font diantaranya Creative Market, Font bundlles, The Hunggryjpeg,  serta masih banyak yang lainnya.


5. Bisnis Print On Demand
Bisnis ini merupakan bisnis desain grafis yang juga sangat berkembang seiring dengan perkembangan dunia Digital Printing. Cara kerja bisnis ini adalah dengan memasarkan desain-desain dari berbagai desainer diseluruh dunia dalam bentuk hasil cetak, misalnya dalam bentuk kaos/Mug,Bag dan masih banyak lainnya,Bahkan beberapa website menyediakan jasa cetak desain  untuk sebagian besar keperluan sehari hari. Salah satu Website yang popular dengan konsep ini adalah Zazzle, Teespring, Redbubble, Threadless, dan lain-lain 


Nah bagaimana? sangat Mudah kan? Cukup dengan mempelajari salah satu dari 5 hal diatas kemudian mempraktekannya maka anda telah membuka pintu kemudahan dalam meraup dollar. Selamat berkarya..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel