Istilah Dalam Jaringan Internet

Istilah Dalam Jaringan Internet - Hallo jumpa kembali dengan admin guanteng huahuahua...
kali ini admin akan share tentang Istilah Dalam Jaringan Internet. Sebagai pengetahuan awal sebelum sobat terjun ke dunia networking, hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah mengetahui berbagai istilah dalam jaringan internet, supaya pemahaman ke depannya sobat tidak gagal paham. hehehe.


Oke langsung saja, berikut ini admin bagikan beberapa Istilah yang sering dipakai dalam dunia internet

Istilah Dalam Jaringan Internet

  • ISP
    Internet Service Provider atau yang kerap disingkat dengan sebutan ISP ini adalah perusahaan penyedia layanan internet. dari ISP inilah kita bisa mengakses internet. Contoh ISP yang sudah sangat terkenal misalnya Telkom IndiHome, Nusanet dll
  • LAN
    LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer yang cangkupan wilayahnya kecil. LAN biasanya terdapat di sekolah, perusahaan ataupun instansi kantor, Selain untuk kebutuhan internet kantoran, LAN juga bisa diaplikasikan untuk sharing data dan printer di kantor tersebut.
  • IP Address
    Alamat IP atau IP Address ini merupakan suatu alamat numerik yang tertera pada setiap komputer yang terhubung dengan suatu jaringan. IP Address setiap komputer berbeda-beda, IP address juga bisa diklasifikasikan ke beberapa kelas.

  • Router
    Router adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengirimkan paket data dari suatu jaringan ke tempat tujuan. Router juga berfungsi menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk keperluan yang lebih luas
  • DHCP
    Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP adalah protokol perbasis client/server yang digunakan untuk memudahkan pembagian IP address dalam suatu jaringan. DHCP memungkinan untuk setiap komputer menerima IP otomatis sesuai dengan konfigurasi yang sudah dilakukan di router

  • Firewall
    Firewall adalah sebuah program/konfigurasi yang berfungsi untuk memblokir jenis lalu lintas tertentu. Firewall dapat digunakan untuk memilah Lalu lintas jaringan, memperbolehkan lalu lintas jaringan tertentu dan memblokir yang lainnya.
Demikian tadi beberapa Istilah Dalam Jaringan Internet, untuk istilah-istilah yang lainnya akan admin posting secepatnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel