Komponen-Komponen Utama Komputer Beserta Fungsinya

Komponen-Komponen Komputer Utama Beserta Fungsinya – Hallo, kali ini admin pengen share pengetahuan admin tentang Komponen-Komponen Komputer beserta Fungsinya, yupss.. zaman sekarang ini computer sudah sangat familiar sekali di kalangan kita, walaupun sobat belum pernah mengoperasikannya, paling tidak sobat tahu apa saja komponen-komponen utama pembangun sebuah computer itu, langsung saja admin kasih tau yak

Komponen-Komponen Utama Komputer Beserta Fungsinya


Motherboard
Motherboard/mainboard merupakan komponen utama pembangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi/persegi panjang dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain. Fungsinya adalah untuk menghubungkan seluruh komponen Komputer. Seluruh perangkat computer yang lain semuanya melekat langsung pada slot motherboard atau paling tidak terhubung menggunakan kabel.

Central Processing Unit (CPU)
CPU atau juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari sebuah komputer. Fungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan command yang membuat komputer dapat dioperasikan. CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhu panasnya.

Random Access Memory (RAM)
RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, maksudnya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada komputer cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) sampai 32 GB (GigaBytes)

Video Graphic Array (VGA)
VGA card berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafik antara PC dan monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah dan dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya yang biasa kita sebut VGA Onboard.

Hard Disk Drive(HDD)
Harddisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah komputer. Operating System, Software, dan dokumen-dokumen disimpan pada harddisk. Pada Komputer terbaru, ada juga hardware baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya seperti harddisk, namun dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Optical Disc Drive
Optical drive atau biasa dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.

Power Supply Unit (PSU)
Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik utama di sebuah komputer dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing.

Monitor
Fungsi dari layar monitor adalah untuk menampilkan video grafis dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut VGA Card. Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televise

Keyboard dan Mouse
Keyboard dan mouse berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam

Itulah tadi penjelasan tentang Komponen-Komponen Utama Komputer Beserta Fungsinya, semoga bermanfaat sobat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel