Virus Cryptolocker Ransomware Pengancam Data

Virus Cryptolocker Ransomware Pengancam DataBeberapa tahun terakhir, di seluruh dunia beredar virus/malware yang sangat berbahaya dengan nama CryptoLocker. Virus ini masuk dalam kategori “Ransomware” (virus yang meminta tebusan). Why? Karena jika file sudah terinfeksi,maka tidak akan bisa di akses kecuali membayar uang tebusan!

Tampilan virus ketika meminta tebusan kira-kira seperti ini:


Semua file dokumen, program software komputer dll di enkripsi oleh virus ini. Enkripsi yang di gunakan ada“military grade” dan tidak bisa di tembus/di krack. Satu-satunya jalan agar file tersebut bisa di dekripsi dan di buka adalah dengan membayar ransom (tebusan) ke penyebar virus.

Penyebaran Virus
Metode utama penyebaran virus ini adalah attachment pada email. Contohnya seperti ini:

Virus di sembunyikan pada attachment email.


Bagaimana Mencegahnya?
Pertama dan yang paling penting: jangan pernah membuka attachment email dari orang yang tidak Anda kenal, terlebih lagi jika email tersebut berada di folder Spam.

Bagaimana dengan Anti-virus?
Virus ini memiliki kemampuan polymorphic atau dalam kata lain virus yang dapat bermutasi sehingga ada kemungkinan Anti-virus tidak bisa mendeteksi mutasi terbaru dari virus ini. Jadi metode utama pencegahan adalah dengan cara di atas.

Apa yang di lakukan jika terinfeksi?
Indikasi pertama komputer Anda terinfeksi: Anda tidak dapat membuka file dokumen Anda (karena file sudah di enkripsi).
Biasanya nama file sobat akan berubah, sebagai contoh file image dengan nama : “gambar.jpg” akan berubah menjadi gambar.jpg.vegclass@aol.com.xtbl atau sejenisnya



(file yang sudah terinfeksi berubah extensinya)

Jika ini terjadi, hal yang Anda harus lakukan:
  • Cabut kabel jaringan atau matikan WiFi komputer Anda. Virus bisa langsung menyerang server selama Anda terhubung jaringan, jadi dengan disconnect akses jaringan, Anda meminimalisir kemungkinan infeksi yang terjadi.
  • Hubungi staff IT Perusahaan Anda
Sebelum virus tersebut benar benar menginfeksi komputer sobat, ada baiknya untuk berjaga-jaga, lakukan backup data sesering mungkin dan di simpan di external harddisk atau di komputer lainnya
dan juga waspada saat sobat berselancar di internet.


Untuk lebih jelas tentang virus ransomware ini, silahkan kunjungi langsung ke sumber ini gan :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel